oleh

Menag Terima Kunjungan Kehormatan Ketua Otoritas Wakaf UEA

JAKARTA (ATNEWS) — Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan kehormatan Ketua Otoritas Umum Bidang Urusan Islam dan Wakaf Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Matar Al Kaabi, Kamis (4/3/2021) pagi. Pertemuan penuh keakraban dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta.

ni merupakan kunjungan perdana Mohammed bin Matar Al Kaabi ke Jakarta, Indonesia. Ia tiba di Kantor Kemenag sekitar pukul 09.50 WIB dan disambut Menag Yaqut beserta sejumlah Pejabat Eselon I.

Kepada Menag, Mohammed bin Matar Al-Kaabi menuturkan kehadirannya di Jakarta bertujuan untuk menindaklanjuti kerja sama yang sudah terjalin antara UEA-Indonesia sejak 2020.

Ia menambahkan kunjungan kehormatan ini sekaligus menyampaikan undangan buat yang mulia Menteri Agama dan jajarannya untuk berkunjung ke Uni Emirat Arab.

“Dan saya perlu menegaskan dalam kesempatan ini bahwa hubungan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab merupakan hubungan persahabatan yang sangat intim yang dipenuhi kasih sayang dan menjadi model dalam hubungan kerjasama antar negara-negara Islam,” kata Mohammed bin Matar Al Kaabi.

Menag Yaqut Cholil atas nama pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih atas hubungan yang luar biasa antara Indonesia dengan UEA hingga memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi dengan memberi nama jalan di Abu Dhabi. Ia juga menyampaikan apresiasi pemerintah UEA yang saat ini memiliki Menteri Toleransi.

“Indonesia sangat beragam dan kami di Indonesia terinspirasi dengan Uni Emirat Arab yang memiliki Menteri Toleransi dan ini sangat penting untuk Indonesia,” ujar Menag.

Menag berharap, kehadiran Al-Kaabi di Indonesia dapat mendorong percepatan berbagai program kerja sama yang dilakukan antara UEA – Indonesia. Selain ke Jakarta, Mohammed bin Matar Al-Kaabi juga dijadwalkan akan berkunjung ke Solo, Jawa Tengah untuk menyaksikan peletakan batu pertama Masjid Raya Syeikh Zayed.

“Dan kita tahu besok kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid yang merupakan bantuan dari Uni Emirat Arab di Solo, Jawa Tengah. Tentu kami merasa sangat berhutang budi atas kebaikan pemerintah Uni Emirat Arab dan berharap suatu saat dapat membalas kebaikan ini. Kita akan terus mendoakan pemerintah Uni Emirat Arab untuk terus berkembang dan maju,” kata Menag.

“Belum lagi calon-calon imam yang dikirim ke Uni Emirat Arab dan kesempatan ini tidak akan kami sia siakan dan kami berbangga hati atas kebaikan Uni Emirat Arab,” sambung Menag yang juga memberikan cinderamata Kitab Al-Ibriz kepada Mohammed bin Matar Al-Kaabi di akhir pertemuan.

Kitab Al-Ibriz adalah kitab tafsir Al-Qur’an berbahasa Jawa yang ditulis menggunakan aksara Arab pegon, karya KH Bisri Mustofa, kakek Menag Yaqut Cholil Bisri. (Kemenag).

Komentar

News Feed