oleh

Soal Pemimpin Yang Diharapkan Masyarakat. Begini Loh Kata Mang Daslam

INDRAMAYU (ATNews). Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2021 Desa Kiajaran Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu, kurang lebih 100 hari lagi. Muara yang berkembang, tiga orang bakal calon yang telah digadang – gadang oleh pendukungnya.

Hamim Nizam merupakan calon yang pertama mendaftar ke Panitia Pemilihan Kepala Desa di Kantor Kepala Desa Kiajaran Kulon beberapa hari yang lalu. Meskipun berkas ditolak dikarenakan kurang lengkap 1 persyaratan yakni Surat Keterangan Bebas Narkotika.

Akan tetapi patut diacungkan jempol, atas kesiapannya dan kesungguhan untuk menjadikan calon pemimpin desa (Kuwu). Hal itu tidak sedikit masyarakat memberikan dorongan dan mendapat apresiasi dari kalangan kaum Melineal.

Sementara itu salah satu warga net yang tergabung di gruop Facebook “Aspirasi Wong Kiajaran Kulon” mang Daslam bukan nama yang sebenarnya dalam unggahannya memaparkan.

Tentunya sudah menjadi harapan kita bersama, bahwa siapapun nanti yang terpilih adalah orang yang benar benar amanah memiliki integritas tinggi dan jiwa negarawan bukan sekedar politisi belaka,karena jelas ada perbedaan antara negarawan dan politisi.

Sebagaimana dikemukakan James freeman clarke (1810-1888) penulis dan pakar teologi dari Amerika “seorang negarawan itu berpikir tentang bagaimana nasib generasi mendatang, sementara politisi hanya berpikir bagaimana cara memenangkan pemilu yang akan datang” ungkap Mang Daslam Minggu (7/3/2021) dini hari dalam unggahannya.

“Diatas semua itu sesungguhnya hal yang paling urgen adalah bagaimana kemudian ajang perhelatan pilkades ini jangan sampai menjadi pemicu perpecahan persaudaraan ditengah tengah masyarakat” tambahnyam

Jauh – jauh hari islam sudah menganjurkan kita untuk berpikir bagaimana pentingnya jam’iyyah (persatuan) bukan hanya memikirkan kepentingan jamaah (kelompok) saja.

Siyasah (politik) dalam islam memiliki tujuan yang mulia. Seperti apa yang telah disampaikan oleh Imam Mawardi dalam kitabnya Al-Ahkam Sulthaniyah, “kepemimpinan adalah posisinya sebagai pengganti Nabi dalam menjaga agama dan mengatur dunia, mengangkat pemimpin umat hukumnya wajib secara ijma”.imbuh Mang Daslam

Daslam diakhir unggahan nya tdengan harapan semoga Allah SWT menganugerahkan kepada kita seorang pemimpin yang Amanah, yang betul betul memahami tugas dan fungsinya sebagai khaadimul ummah (pelayan masyarakat). Amin Amin Ya Robbal ‘Alamin (red).

Komentar

News Feed