oleh

Babinsa Batursari Koramil 12/Mranggen Dampingi Tracing Contact 3 Pasien Covid-19

DEMAK (ATNews) – Babinsa Desa Batursari Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak Serka Sugiyono melaksanakan pendampingan tracing contact tim dari Puskesmas Mranggen III kepada keluarga pasien Covid-19, Sabtu (06/03/2021).

Pendampingan yang dilakukan bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Rusdiyanto ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus guna percepatan penanganan pandemi Covid-19 di wilayah binaan.

Kali ini, ada 3 tempat yang didatangi tim gabungan dalam tracing. Mereka adalah keluarga dari pasien Covid-19 berinisial Nsr, yang saat ini masih dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang di Dukuh Tlogo RT 01/08. Lokasi kedua, yakni pasien Covid-19 berinisial TH, warga Perum Pucanggading, yang saat ini masih isolasi mandiri.

“Untuk rumah yang ketiga, kita tracing ke rumah pasien AS, warga Plamongan Indah Batursari, yang saat ini sedang isoman (isolasi mandiri). Dan ketiga pasien semuanya adalah wanita,” ungkap Serka Sugiono disela-sela pendampingan.

Contact tracing atau penelusuran kontak yang dilakukan tersebut dalam rangka mengendalikan laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Mranggen, dengan memutus mata rantai penyebarannya.

Penularan Covid-19 yang mudah menular melalui droplet (percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara), sehingga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus memungkinkan penyebaran.

Yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan lagi virus saat berada di kerumunan. Sebab tak jarang di antara mereka bahkan tak menyadari telah membawa virus di tubuhnya.

“Untuk itu, kita bersama tim tracing Puskesmas melaksanakan upaya mengendalikan pergerakan orang yang sudah berpotensi tertular virus Covid-19,” lanjutnya.

Sugiono berharap, keluarga pasien Covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Dan diupayakan untuk melakukan isoman, guna menghentikan laju penyebaran virus.

“Alangkah baiknya melaksanakan Isoman, demi kebaikan semuanya. Semoga dengan tracing contact ini dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Mranggen,” tandasnya. (pendim0716/demak).

src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

Komentar

News Feed