oleh

Masa Pandemi Covid-19, Prajurit Kodim 0701/Banyumas Jalani Tes Kesegaran Jasmani Periodik

BANYUMAS (ATNews) – Tes kebugaran jasmani adalah tes yang digunakan untuk mengukur atau menilai kemampuan kebugaran jasmani secara keseluruhan, yang terdiri dari kekuatan, kecepatan, kelincahan, kelenturan dan daya tahan. Ini hal yang perlu diperhatikan setiap orang karena kondisi jasmani yang bugar bisa menjauhkan dari berbagai masalah kesehatan selain itu, bugar juga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bersemangat dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

Kesamaptaan jasmani yang baik sangat menentukan karier prajurit ke depan, karena kesiapan serta kesamaptaan baik prajurit akan memudahkan dalam menempuh seleksi, baik seleksi pendidikan maupun seleksi penugasan. Hal tersebut disampaikan Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE.,M.I.Pol, saat memberikan pengarahan pada apel pelaksanaan tes kesegaran jasmani Triwulan I Tahun 2021 kepada Prajurit Kodim 0701/Banyumas, di lapangan apel Makodim 0701/Bayumas Jln. Jenderal Sudirman No. 204 Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, selasa 09/03/2021.

Tes kesegaran jasmani ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik prajurit, selain itu juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, tidak hanya dalam tugas operasi saja tetapi dalam berbagai seleksi pendidikan tes kesegaran jasmani menjadi materi penting, serta untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala, tambah Dandim.

Untuk pelaksanaan kesegaran Jasmani, Kodim 0701/Banyumas tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kabupaten Banyumas khususnya di Kodim 0701/Banyumas, kegiatan ini di ikuti para prajurit dari Kodim 0701/Banyumas serta Minvetcad IV/01 Purwokerto dan dilaksanakan selama dua hari kedepan.

Lanjut Dandim, dengan diadakannya kegiatan tes kesegaran jasmani tersebut diharapkan para prajurit bisa memenuhi target nilai yang sudah ditentukan, serta bisa memelihara kebugaran tubuh masing-masing sehingga bisa menunjang pelaksanaan tugas pokok.

“ Target kita adalah sesuai dengan kriteria nilai yang sudah di tentukan dari keseluruhan tes kesamaptaan baik itu kesegaran jasmani A dan B minimal adalah nilai 51”,tandasnya.

Diketahui dalam tes kesegaran jasmani ada beberapa kriteria yang diujikan meliputi samapta A materi lari 12 menit dan B yang terdiri dari materi sit up, push up, pull up, lunges dan shuttle run.

Test Kesegaran Jasmani ini di ikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0701/Banyumas, sebagai pelaksana dari Jasrem 071/Wijayakusuma dibawah pimpinan Kapten Inf Sinung dan sebagai unsur pendukung adalah Staf Pers Kodim 0701/Banyumas dibawah pimpinan Lettu Arh Wagim (Pasi Pers Kodim 0701/Banyumas) serta dari Denkesyah 04-04-01, Rumkit TK-III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto dibawah pimpinan Letda Ckm Rudi Hartono (Keslap DKT Purwokerto). (AuL).

Komentar

News Feed