oleh

Dandim 0701/Banyumas Kembali Lakukan Pembinaan dan Monitoring Evaluasi Pelaksanaan PPKM

BANYUMAS (ATNews) – PPKM Mikro adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro yang diterapkan pemerintah yang diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), melalui Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 terkait penanganan virus corona (Covid-19). Pembentukan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dalam rangka pengendalian infeksi virus corona juga disebut dalam instruksi ini.

Menyikapi hal tersebut Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., kembali melaksanakan kunjungan ke Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro di dua desa, yaitu desa Gebangsari dan desa Prembun Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Selasa malam (09/03/2021).

Dalam kunjungan itu Dandim didampingi oleh Danramil 12/Tambak Kapten Cba Ahmad Mansur dan Forkopincam Tambak.

Dandim menyatakan kesiapan anggota TNI khususnya Kodim 0701/Banyumas dan Koramil jajaran dalam mensukseskan kebijakan Pemerintah mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro hingga tingkat RT/RW, serta bertindak sebagai motivator dalam memutus mata rantai Covid-19.

“Mari bersama-sama kita perangi penyebaran virus Covid-19, kita harus sama-sama peduli, agar penyebaran virus ini terhenti,” ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, peraturan PPKM Mikro sudah mulai dijalankan, semua tidak bisa lepas dari peran aktif para Babinsa Koramil dan Babinkamtibmas Polsek yang ada di wilayah untuk membantu pemerintahan daerah di tingkat RT/RW di Desa/Kelurahan.

“Kita sudah 1 tahun berjalan melaksanakan PPKM mulai tingkat RT bedanya dengan sekarang lebih digencarkan lagi agar kebijakan dari pusat bisa menyentuh masyarakat paling bawah dan merupakan indikator untuk mengetahui bahwa daerah ini berzona hijau, kuning, orange atau merah,” lanjut Dandim.

“Perlu ada pengawasan masing-masing terutama pak RT dan pak RW untuk selalu mengontrol warganya yang komorbid dan Lansia supaya lebih cepat penangananya dan pelaksanaanya dibantu semua unsur masyarakat. Perlunya pengendalian yang baik, menyiapkan posko, tempat karantina, data harus akurat, alat-alat harus dilengkapi supaya mempercepat dalam penanganan setiap ada yang terpapar Covid-19,” lanjut Dandim.

Selain melakukan pengecekan di Posko PPKM mikro Dandim juga melihat persiapan posko Covid-19 dengan melihat papan data penunjuk kegiatan di posko PPKM, melakukan pengecekan sarana dan prasarana, data dan laporan tentang kondisi ataupun zona-zona dukuh di wilayah Desa yang telah ditetapkan. (AuL).

Komentar

News Feed