oleh

Kodim 0703 Cilacap Gelar Latihan Menembak Triwulan II Tahun 2021

AsiaTimesNews.Cilacap – Dalam rangka memelihara kemampuan perorangan prajurit dalam hal menembak senjata ringan, Kodim 0703 Cilacap menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri ) Triwulan (TW) II tahun 2021. Latihan dilaksanakan dalam dua hari, Rabu dan Kamis (9-10/06), bertempat di Lapang Tembak Kodim, yang berlokasi di Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Joko Yunanto dalam arahanya saat apel pengecekan personel mengatakan kegiatan Latihan menembak senjata ringan yang digelar setiap triwulan adalah program latihan Satuan yang sudah terjadwal sesuai kalender latihan, dilakukan guna membina kemampuan menembak prajurit.

“Menembak adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seorang prajurit, meskipun notabene bertugas di komando kewilayahan. Kemampuan tersebut akan dapat terjaga dan terasah dengan baik manakala selalu dilatih secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” katanya.

Selain itu, dalam suatu latihan dikatakan berhasil manakala latihan tersebut berjalan dengan aman dan tertib. Untuk itu selaku Komandan Latihan dirinya menekankan kepada para petembak agar mengutamakan faktor keamanan baik sebelum, selama maupun sesudah latihan.

“Keamanan latihan harus diutamakan, baik itu keamanan personel yaitu para pendukung maupun petembak dan keamanan materil terutama alkap (senjata) yang digunakan harus diperhatikan. Ikuti semua prosedur di lapangan, sehingga latihan dapat berjalan sesuai tujuan yang diharapkan pimpinan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, selaku Koordinator Materi (Koormat) menembak senjata ringan Kapten Inf Agus Sudarso memberikan materi tentang pengetahuan dasar menembak untuk mengingatkan kembali bagaimana teknik menembak yang benar.

“Untuk mencapai nilai yang baik dalam menembak para petembak harus menguasai teknik dasar menembak yang benar. Bagaimana mengkombinasikan antara teknik membidik, mengatur nafas dan waktu yang tepat menekan picu sehingga hasil tembakan tepat di sasaran/ lesan. Jadi berlatihlah dengan benar dan jangan asal-asalan agar kemampuan menembak dapat terpelihara dengan maksimal,” ujar Kapten Agus Sudarso, yang pernah bergabung di Kopassus. Oke

Komentar

News Feed