oleh

Prajurit Kodim Demak Laksanakan Latihan Menembak

ATNews. DEMAK – Dalam upaya mempertajam kemampuan menembak prajurit, Kodim 0716/Demak menggelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) Triwulan II tahun 2021 yang dilaksanakan selama 2 hari di lapangan tembak Desa Jragung, Karangawen, Kamis (09/06/2021).

Kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit TNI. Untuk menguasai kemampuan ini tentunya dibutuhkan latihan yang dilakukan secara terarah, bertingkat dan berlanjut.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz melalui Komandan Latihan, Kapten Kav Karmadi menjelaskan bahwa latihan menembak senjata ringan laras panjang dan pistol ini bertujuan mempertajam kemampuan seluruh prajurit Kodim.

Seorang prajurit dituntut untuk handal dalam menembak, disamping tugas yang begitu padat dalam pembinaan teritorial di wilayah. Karena menembak adalah makanan bagi seorang prajurit, sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan,” ujar Kapten Karmadi disela-sela latihan menembak.

Ditambahkannya, pelaksanaan latihan menembak di tengah situasi pandemi Covid-19 dilaksanakan sesuai prosedur protokol kesehatan, yakni penyelenggara dan peserta menembak wajib memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan dengan antiseptik sebelum dan sesudah melaksanakan latihan.

Pelaksanaan latihan dilakukan selama dua hari untuk meminimalisir kerumunan. Para peserta latihan saat menunggu giliran menembak, diwajibkan menjaga jarak dengan yang lainnya. Dan bagi yang sudah melaksanakan menembak diperintahkan segera meninggalkan lokasi, sehingga tidak terjadi kerumunan di lokasi latihan.

Meskipun latihan ini rutin dilaksanakan 3 bulan sekali, bukan berarti kegiatan ini hanya rutinitas semata. Namun lebih jauh dengan latihan ini, semua anggota Kodim 0716/Demak harus mampu dan menguasai senjata baik laras panjang maupun Pistol,” tandas Kapten Karmadi.

Latihan menembak kali ini diikuti 165 peserta dibagi menjadi 13 gelombang, yang meliputi senjata laras panjang M16, SS1 V1 dan Pistol P-1. Dan mendapat pengawasan langsung dari Pasilat Korem 073/Makutarama Mayor Kav J.F Manurung. (pendim0716).

Komentar

News Feed