oleh

Kegiatan Latihan Teknik dan Taktis Kodim 0616/Indramayu Tingkat Koramil Remi Ditutup

ASIATIMESNEWS.COM. INDRAMAYU – Komandan Korem 063/ SGJ Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga K, S.A.P. meninjau langsung pelaksanaan penutupan kegiatan Latihan Teknis dan Latihan Taktis yang telah berlangsung di wilayah Kodim 0616/Indramayu. Jumat, 12/6/2021.

Kegiatan yang dilangsungkan di Koramil 1604/Jatibarang ini, turut dihadiri Dandim 0616/Indramayu Letkol Inf. TeguhWibowo, S.Sos, Kasdim 0616/Indramayu Mayor Inf. Ruhiyat, Kapten Kav Sugianto Danramil 1604/JTB, Kapten Inf Efendi Danramil 1603/LHB, Kapten Arh Basori Danramil 1608/KRA, Kapten Inf Sudiyanto Danramil 1602/SDG, Kapten Inf Suranto Danramil 1617/GBW, Lettu Inf Sariman Pasi Ops Dim 0616/Imy ), Lettu Inf Waryadi Danramil 1605/KTM, Kuwu Desa Piwidean serta Masyarakat Desa Piwidean sebanyak 25 orang.

Dalam kesempatan itu, Kuwu Desa Pawidean yang diwakili oleh Torih selaku Kliwon desa tersebut menyampaikan ucapan terima kasih yang atas kehadiran Komandan Korem 063/Sgj dan Komandan Kodim 0616/ Indramayu beserta anggota lainnya karema telah memberikan perhatian khusus kepada masyarakat Desa Pawidean.

“Ini merupakan kehormatan dan kebanggaan kami atas segala ilmu yang akan diberikan kepada kita semua, semoga ilmu yang akan di berikan bermanfaat buat kami semua warga Desa Pawidean,” Katanya.

Sertu Nanda selaku Babinsa menuturkan, jika melihat tayangan Vidio Bencana Banjir yang berada di Pamanukan Kab. Subang beberapa waktu lalu, menjadikan peristiwa itu sebagai pelajaran dalam kehidupan. Menurutnya, bencana itu terjadi akibat dua faktor yang mengakibatkan peristiwa itu terjadi.

Dari segi Material yakni Banjir didaratan, Banjir bandang, Banjir lumpur, Penyebabnya Akibat adanya penebangan hutan, Pembukaan lahan yang berlebihan, Membuang sampah sembarangan, Pembangunan liar di Bantaran sungai, Drainase yang tidak terawat dan Kiriman air,” Tuturnya.

Masih ditempat yang sama, Kasi Ops Korem 063/Sgj Mayor Inf. Jarkoni menyampaikan apresiasi atas antusias, semangat dan keseriusan dalam mengikuti latihan yang dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0616/Indramayu.

“Kita tidak pernah tahu kapan akan terjadinya banjir, semoga dengan bekal ini kita semua bisa bekerjasama dalam penanggulangan di saat bencana banjir datang, Latihan yang diselenggarakan oleh Kodim 0616/Indramayu begitu baik,” Ucapnya.

Sementara, Danrem 063/Sgj Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga K, S.A.P. dalam kesempatan itu menyampaikan pesan khusus kepada jajaran Kodim 0616/Indramayu. Dalam hal ini kata Danrem, Kordiknis tentara adalah latihan, Tentang pengumpulan data, Sosialisasi terhadap masyarakat, Penanganan bencana alam.

Danrem menegaskan, Administrasi format latihan terkait ceklis penilaian yang masih ada kesalahan, harus dibenahi.

“TNI harus sesuai kemampuan jangan mengada-ada, latihan harus sesuai dengan buku petunjuk, Perbaiki Format latihan yang salah,” Tegasnya.

Dalam kegiatan penutupan kegiatan Latihan Teknik dan Taktis itu dilaksanakan Simulasi banjir yang melanda Kab. Indramayu yang di lakukan oleh anggota Kodim 0616/Indramayu yakni.

a. Dari adanya informasi kebanjiran, b. Laporan ke Komando Atas, c. Evakuasi, d. Penanganan yang melibatkan semua unsur seperti :  -Anggota Kodim 0616/Indramayu  -Pol Airud, Polsek   -BPBD, Tagana.  -Tim Kesehatan. (Adam P)

Komentar

News Feed