oleh

Warga Kecamatan Wonosalam Dimakamkan Secara Protokol Covid-19

ATNews. DEMAK – Seorang wanita, RK (55), warga Desa Getas, Kecamatan Wonosalam, dimakamkan dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Desa Getas, semalam, Minggu (13/06/2021).

Diketahui, pada Senin (07/06) lalu, RK (55) menderita sakit demam dengan panas, batuk, pilek dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Demak. Oleh pihak rumah sakit dilakukan tes swab dengan hasil terkonfirmasi Covid-19. Setelah dirawat selama 7 hari, pada Minggu (13/06) pukul 16.30 WIB, RK (55) dinyatakan meninggal dunia.

Abu Khasan, salah seorang petugas Puskesmas Wonosalam 1 menjelaskan bahwa karena hasil swab almarhumah terkonfirmasi, sehingga pemakaman dilangsungkan secara protokol Covid-19.

Dirinya meminta kepada warga agar tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, mencuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun, mengurangi mobilitas di luar rumah dan menghindari kerumunan. Mengingat saat ini banyak muncul varian baru Covid-19.

Kalau saya ikuti perkembangannya, ada 10 varian baru yang muncul. Untuk itu, saya harap warga selalu menerapkan protokol kesehatan,” kata Abu Khasan saat mendampingi prosesi pemakaman.

Babinsa setempat, Serda Darwi menambahkan, dengan adanya lonjakan kasus Covid di wilayah Kabupaten Demak yang cukup tinggi, warga diimbau untuk selalu menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), salah satunya dengan protokol kesehatan.

Kepada pihak Pemdes, RT dan RW, Darwi meminta untuk segera bergerak cepat dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan almarhumah. Sementara untuk petugas Puskesmas diharapkan segera melakukan tracing dan swab kepada keluarga atau yang pernah kontak erat dengan almarhumah.

“Seperti yang dikatakan pak Abu tadi, varian baru corona banyak muncul. Cuma sakit perut, sakit demam, greges-greges bisa langsung bablas. Untuk itu saya ingatkan kembali kepada warga untuk selalu ikhtiar dan berdoa dalam mengurangi resiko terpapar virus ini. Dan kepada keluarga almarhumah, saya pribadi menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga Almarhumah diberikan tempat yang layak disisi-Nya. Amin,” tandasnya. (Pendim).

Komentar

News Feed