oleh

Upacara Lengeser menjadi kesenian Tradisi sambut tamu Agung di Pembukaan TMMD ke 111

Asiatimesnews.com Banjar – Penyambutan tamu di acara pembukaan TMMD ke 111 Kodim 0613 Ciamis, disambut dengan upacara adat yaitu  Lengser. Seni Lengser ini merupakan upacara penyambutan tamu agung di zaman kerajaan yang masih digunakan hingga saat ini. 

Pada zaman kerajaan dulu, Lengser ini semacam intelijen. Ia datang lebih dulu sebelum raja datang di lokasi acara. Pada saat itu Lengser sebagai intelijen atau telik sandi yang mengisyaratkan raja segera datang, dan persiapan harus sudah matang.

“Mereka akan menyambut tamu yang datang sebelum ke lokasi, dengan tari-tarian. Sementara peran Kakek-Nenek ini memberi sambutan dengan dubing. Tokoh Kakek-Nenek ini yang menjadi daya tarik bagi para tamu.

Upacara yang sederhana ini namun terlihat meriah dengan hadirnya upacara tradisi penyambutan tamu yaitu lengser. 

Nirma dewi Siswa SMP Pataruma mengaku “saya sangat senang bisa tampil di acara pembukaan TMMD ini dan saya bangga dapat mengalungkan bunga ke para pejabat daerah,kedepan saya akan kembangkan budaya bangsa ini yang sampai saat ini masih kita pergunakan”ujarnya.

Ini membuktikan masyarakat Desa Batulawang sangat antusias dengan dengan adanya TMMD ini dengan harapan adanya perubahan dan peningkatan di desa.

Komentar

News Feed