oleh

Babinsa Koramil 13/Karangawen Bersama Petugas Puskesmas Tracing Keluarga Pasien Covid-19

ASIATIMESNEWS.COM. DEMAK – Tim Puskesmas Karangawen 1 didampingi Babinsa Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak Sertu Mastur melakukan contact tracing kepada keluarga pasien Covid-19 di Desa Kuripan, Kecamatan Karangawen, Selasa (15/06/2021).

Pelacakan kontak (contact tracing) ini merupakan proses untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi/probable untuk mencegah penularan virus.

Hal ini dikarenakan, Rt (51) yang merupakan suami dari bidan desa setempat terkonfirmasi Covid-19 dan dirawat serta dikarantina di Rumah Sakit KRMT Wongsonegoro Semarang. Rt (51) dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan demam tinggi, tidak enak badan, pusing dan sesak nafas pada hari Jumat (04/06) lalu.

Petugas puskesmas, Kasminah, S.ST menyebut tracing dilakukan kepada orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probable, 2 hari sebelum dan 14 hari sesudah muncul gejala, seperti bertatap muka dalam radius satu meter selama lebih dari 15 menit, atau bersentuhan langsung, atau merawat langsung pasien tanpa menggunakan APD atau situasi lainnya yang berisiko.

“Tracing ini penting guna memutus penyebaran virus. Kita disini juga dibantu pihak Koramil Karangawen, Polsek dan Satgas Covid desa,” ungkapnya.

Sementara Sertu Mastur, Babinsa setempat meminta kepada keluarga pasien agar melakukan isolasi mandiri dengan tidak melakukan kontak erat dengan tetangga dan keluarga lain, sampai dilakukan tes swab oleh pihak Puskesmas.

“Saya yakin pihak keluarga, yang merupakan tenaga kesehatan Puskesmas Karangawen 1 juga, bisa menerapkan aturan dalam isolasi mandiri. Selalu patuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan kontak dengan orang luar sementara waktu,” ucap Mastur.

Dirinya juga meminta kepada pihak Pemerintah desa dan Satgas Covid desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seputar lingkungan tempat tinggal pasien. Serta terus melakukan sosialisasi edukasi protokol kesehatan kepada warga masyarakat.

“Tracing ini merupakan salah satu upaya dalam penanganan kasus. Ini bukan hanya tugas dari petugas kesehatan saja, akan tetapi sudah menjadi tugas kita semua. Untuk itu, kita selalu bersinergi dengan pihak Puskesmas Karangawen 1. Semoga dengan upaya kita ini, lonjakan kasus Covid di Kabupaten Demak, khususnya wilayah Kecamatan Karangawen segera menurun,” tutup Sertu Mastur. (Pendim).

Komentar

News Feed