oleh

Babinsa Brambang Bersama Tim Puskesmas Karangawen 1 Gelar Tracing

ASIATIMESNEWS.COM. DEMAK – Dalam menekan angka penularan Covid-19 di wilayah Kecamatan Karangawen, Babinsa Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak Koptu Arifin bersama Bidan desa Rosidah dan tim Puskesmas Karangawen 1 melakukan tracing kepada warga Desa Brambang yang menjalani isoman, Kamis (17/06/2021).

Langkah tracing ini dilakukan setelah warga berinisial Mk (48) tersebut dinyatakan terkonfirmasi setelah melakukan swab antigen di salah satu laboratorium yang berada di Desa Kuripan, Karangawen. Ini dikarenakan dirinya merasa kurang enak badan, batuk dan demam.

Pihak Puskesmas melalui tim tracing bersama Babinsa meminta pihak keluarga Mk (48), untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 14 hari di rumah. Tidak melakukan kontak dengan tetangga ataupun kerabat lain selama melakukan isolasi.

Dirinya menjelaskan, dengan melakukan tracing kepada keluarga pasien atau warga yang terkonfirmasi Covid-19, dan orang yang pernah kontak erat denganya, dapat mencegah penularan virus Covid-19.

Pihak keluarga pasien juga diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, yakni selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Dan jika ada permasalahan tentang kesehatan, diharapkan segera dirujuk ke rumah sakit, sehingga mendapat penanganan yang tepat.

“Jika ada kendala kesehatan, kita harapkan segera melapor dan merujuk ke rumah sakit, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” kata Handayani, salah satu tim tracing Puskesmas Karangawen 1.

Sementara Babinsa Koptu Arifin menghimbau agar pihak keluarga melakukan penyemprotan di lingkungan rumah mereka. Menurutnya, penyemprotan ini menjadi salah satu langkah mencegah penularan virus, yakni dengan memutus mata rantai penyebarannya.

“Dalam mengatasi masalah Covid-19, tidak hanya menjadi tanggungjawab petugas semata. Akan tetapi juga perlu adanya kerjasama yang baik dari warga, baik yang terkonfirmasi maupun yang tidak, sehingga penyebaran virus benar-benar dapat dicegah. Dan Alhamdulillah dari pihak bapak Mk merespon dengan langkah kami ini. Semoga kedepan pandemi ini dapat segera berakhir,” tegas Koptu Arifin. (Pendim).

Komentar

News Feed