oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Dua Keluarga di Tamansari Mranggen Di-tracking

ASIATIMESNEWS.COM. DEMAK – Upaya menekan angka penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak terus dilakukan aparat TNI Kodim 0716/Demak. Salah satunya dilakukan para Babinsa dari Koramil 12/Mranggen.

Kali ini, Babinsa Desa Tamansari, Serda Subur bersama dengan petugas Puskesmas Mranggen II dan bidan desa melakukan tracing warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Desa Tamansari, Kecamatan Mranggen, Jumat (18/06/2021).

Tracing dilakukan kepada keluarga dari UT (35) warga Dukuh Sukorejo, dan NP (23) warga Dukuh Jetis Desa Tamansari. Mereka melakukan isoman (isolasi mandiri) setelah dinyatakan positif terkonfirmasi virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Pihak Puskesmas melalui tim tracing Indah Tri Kuntarti, Amd.Keb, meminta pihak keluarga atau yang pernah melakukan kontak erat untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) selama 14 hari di rumah. Tidak melakukan kontak dengan tetangga ataupun kerabat lain selama melakukan isolasi, hingga tim Puskesmas melakukan tes swab kepada mereka.

Indah menjelaskan, tracing dilakukan sebagai sarana mengendalikan penyebaran Covid-19, setelah diketahui ada warga yang terkonfirmasi positif. Hal ini merupakan konsep yang digunakan mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan kasus positif penyakit.

“Langkah tracing ini untuk mencegah penularan virus Covid-19, setelah ada warga yang dinyatakan terkonfirmasi. Alhamdulillah, kita dibantu pak Babinsa, sehingga pelaksanaan tracing diharapkan berjalan aman dan lancar,” katanya.

Sementara Babinsa setempat, Serda Subur dalam kesempatan itu menghimbau pihak keluarga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, serta tidak melakukan kontak dengan tetangga ataupun kerabat lainnya.

Dirinya juga meminta kepada Ketua RT dan Satgas Covid desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah kedua warga yang isoman, guna memutus mata rantai penyebaran virus.

“Alhamdulillah, dalam tracing ini bersama tim dari Puskemas, pihak keluarga terkonfirmasi Covid-19 mau diajak kerjasama dan menerima positif. Harapan kita, dengan mereka jujur dan terbuka, penyebaran virus dapat benar-benar dicegah,” tandas Serda Subur.

Tracing diikuti oleh Bidan Desa Tamansari Endang, Amd.Keb., tim tracing (tracer) dari Puskesmas Mranggen II yang dipimpin Indah Tri Kuntarti, Amd.Keb., dan kader Desa Tamansari Yani. (Pendim Demak)

Komentar

News Feed