oleh

Yayan Menggapai Asa Melalui TMMD Reguler Kodim Ciamis

Asiatimesnews.com Banjar – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program kebanggan TNI dalam membantu mensejahterakan masyarakat sekaligus mendekatkan TNI dengan Rakyat.

Tugas mulia yang diamanahkan dalam program TMMD itu bertujuan mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan di wilayah tertinggal dan perbatasan.

Yayan Kardiyanto pemuda setempat saat ditemui anggota Rekan media mengatakan awalnya saat mendengar akan ada TMMD yang akan masuk di desanya sangat menakutkan, Sabatu(19/06/2021)

Bagi sebagian masyarakat awam, TNI dianggap sebagai institusi yang sangat penuh disiplin dan tegas serta garang, karena terbiasa bertempur.

Namun melalui program TMMD ke 111 Kodim 0613 Ciamis ini, TNI telah mampu merubah paradigma warga masyarakat yang hidup di desa.

Desa Batulawang ini merupakan salah satu daerah belum tersentuh modernisasi dari desa lainya di kota Banjar, baik dari segi pembangunan sarana dan prasarana dan masih banyak pemuda yang menganggur.

Gambaran secara umum, warga di desa ini mengandalkan bercocok tanam di ladang dan pertanian sebagai mata pencaharian utamanya. Ada juga sebagian warga yang memelihara hewan ternak.

Namun seiring datangnya program TMMD ke-111 Kodim 0613 Ciamis ini, sedikit demi sedikit harapan warga Desa Batulawang mulai menjadi kenyataan. Besar harapan yang disampaikan oleh Yayan Kardiyanto agar Program ini dapat membantu percepatan pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah tempat tinggalnya saat ini, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan menurunkan kemiskinan masyarakat serta menempatkan Batulawang sebagai subjek pembangunan.

Dengan masuknya Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0613 Ciamis, pelan namun pasti sudah tidak ada lagi pemuda yang menganggur

“Sekali lagi, kami pemuda Desa Batulawang sangat senang, sangat berterima kasih kepada bapak-bapak Tentara, karena sudah membuat desa kami ini menjadi nyaman” ungkap Yayan Kardiayanto.

Komentar

News Feed