oleh

Keterlibatan TNI Dalam Program KB di Wilayah Kabupaten Cilacap

Cilacap – Keterlibatan TNI dalam program KB di wilayah Kabupaten Cilacap tidak diragukan lagi. Seperti halnya yang dilakukan oleh Bati Tuud Koramil Gandrungmangu Peltu Kharis Wahyudi dan Babinsa Serda Sudirman, dengan menghadiri kegiatan pelayanan KB Kesehatan “Sejuta Akseptor” dalam rangka Hari Keluarga Nasional ( Harganas ) yang diselenggarakan di PKM 1 Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Kamis (24/6/21).

Kedatangan Bati Tuud mewakili Danramil Gandrungmangu untuk meninjau langsung pelaksanaan layanan KB Kes kepada warganya. Demikian halnya dengan Babinsa yang turut mendampingi warga binaannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan KB. Tampak pula hadir petugas PLKB Kecamatan Gandrungmangu Drs. Habib beserta 2 orang anggota serta PPKBD tiap desa se wilayah PKM Gandrungmangu 1.

Bati Tuud Peltu Kharis Wahyudi menjelaskan, situasi pandemi telah mengakibatkan jumlah akseptor KB menurun dikarenakan banyak diantara warga takut terkena wabah virus Corona. Pihaknya akan terus mendukung program pemerintah ini dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya KB dan mengajak mereka untuk terus ikuti pelayanan KB di wilayahnya.

“Pandemi Covid-19 di Indonesia, telah mempengaruhi berbagai aspek, termasuk didalamnya pada pelayanan program Keluarga Berencana, yang mengakibatkan terjadinya penurunan aktivitas para pengguna KB yang merasa takut ketika hendak mengakses pelayanan KB di masa pandemi Covid-19 ini. Hal ini terbukti dari jumlah yang hadir saat ini,” Jelas Peltu Kharis.

Dalam kegiatan ini, jumlah akseptor KB yang datang ke PKM Gandrungmangu 1 berjumlah 50 akseptor dengan rincian 42 akseptor KB Implan dan 8 akseptor KB Iud. Jumlahnya menurun, namun kita pastikan, dalam pelayanan KB Kesehatan ini tetap memperhatikan protokol-protokol pencegahan penyebaran virus corona,” Ungkapnya.

Terkait keterlibatan TNI, Petugas PLKB Kecamatan Gandrungmangu Drs. Habib mengungkapkan apresiasinya kepada Aparat TNI yang selalu mendukung program KB dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera di tengah masa pandemi Covid-19. Dia berharap, sinergitas yang selama ini telah terjalin dengan baik untuk terus ditingkatkan.

“Kami apresiasi khusus berkat dukungan Pemkab dan TNI melalui pelayanan KB. Kita berharap kerjasama yang telah terjalin baik dengan TNI harus terus dijaga. TNI telah banyak berjasa dengan mengajak warganya untuk mengikuti program KB dan ini kita lihat di wilayah Kabupaten Cilacap,” Ungkapnya.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap. Di wilayah Kecamatan Cilacap Utara, pelayanan KB Kesehatan “Sejuta Akseptor” diikuti oleh 47 Akseptor KB terdiri dari 38 peserta KB Implan, 1 Suntuk, 6 IUD dan 2 peserta MOW. Untuk wilayah Kecamatan Sidareja tercatat kegiatan Bakti Sosial pelayanan KB Kes diikuti oleh 9 peserta yaitu 5 KB Implan dan 4 IUD. Sedangkan di wilayah Kecamatan Kawunganten, juga telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan KB tingkat desa. (Urip)

Komentar

News Feed