oleh

Babinsa Kalijaran Dampingi PPL Sosialisasikan Kartu Tani Kepada Masyarakat

Asiatimesnews.com Cilacap – Babinsa Kalijaran Koramil 07/Maos, Serda Purwanto mendampingi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Maos, sosialisasikan Kartu Tani kepada warga masyarakat Desa Kalijaran di Pendopo Balai Desa kalijaran, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Senin (13/9/21).

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari dua puluh orang di antaranya Kepala Desa Kalijaran Badrun beserta para perangkatnya, petugas PPL Kecamatan Maos Rahmat, petugas BRI serta peserta masyarakat penerima Kartu Tani.

Dikatakan Babinsa Serda Purwanto, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memberikan pemahaman terhadap petani tentang manfaat dan kegunaan Kartu Tani. Selain itu juga bertujuan agar dalam pendistribusian pupuk bersubsidi nantinya tepat sasaran.

“Melalui kegiatan ini saya berharap para petani dapat mengetahui semua tentang manfaat dari Kartu Tani, sehingga nantinya dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk mendukung program swasembada pangan nasional dan kita siap untuk memberikan pendampingan di bidang pertanian, salah satunya adalah pemanfaatan Kartu Tani dalam pendistribusian pupuk bersubsidi kepada petani,” Kata Serda Purwanto.

Petugas PPL Kecamatan Maos, Rahmat mwnambahkan bahwa kegunaan dari Kartu Tani ini yaitu untuk memudahkan masyarakat khususnya para petani untuk mendapatkan jatah pupuk urea bersubsidi. Kartu Tani tersebut difungsikan sebagai database petani yang akurat, yang difungsikan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi bagi para agen maupun pengecer pupuk.

“Dengan kartu tani ini, maka distribusi pupuk bersubsidi akan dapat lebih terkontrol. Dan, Kartu Tani ini bisa dimanfaatkan oleh petani sebagai sarana untuk menerima layanan dibidang pertanian. Adapun cara pengambilan pupuk, bagi setiap petani yang ingin mendapatkan barang tersebut harus membawa kartu taninya dan nama Poktan akan didata secara online oleh penjual pupuk di daerah masing-masing,” Imbuhnya.

(Urip/07)

Komentar

News Feed