oleh

Dimasa Pandemi, Kodim 0701/Banyumas Berhasil Buka Jalur Ekonomi Melalui TMMD

asiatimesnews Banyumas – Penutupan Operasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun anggaran 2021 di desa Dawuhan dan desa Binangun kecamatan Banyumas kabupaten Banyumas, ditandai dengan penyerahan hasil TMMD dari Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol., selaku Komandan Satgas TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2021 kepada Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein.

Penyerahan hasil TMMD tersebut,dilakukan di Pendopo Sipanji Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, Kamis (14/10/2021) dengan penanda tanganan berita acara dan prasasti, yang di saksikan oleh Kombes Pol M. Firman L. Hakim, SH, S.I.K, M.Si (Kapolresta Banyumas), AKBP Khamani (Waka SPN Purwokerto Polda Jateng), dr. Budi Setiawan (Ketua DPRD Kab. Banyumas), Drs. Sadewo Tri Lastiyono (Wakil Bupati Banyumas), Sunarwan, S.H., M.H. (Kajari Purwokerto), Dra. Soimah S.H, M.H (Kajari Banyumas), Muspika Banyumas, para Pasi Kodim 0701/Banyumas serta Kepala Desa Dawuhan dan Binangun.

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, SE, M.I.Pol., menjelaskan bahwa TMMD yang dimulai pada 15 September s/d 13 Oktober 2021 di desa Dawuhan dan desa Binangun kecamatan Banyumas kabupaten Banyumas, telah menyelesaikan sasaran fisik dan non fisik. Pihaknya sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat yang cukup baik, semangatnya gotong royongnya sangat tinggi, kemudian yang pasti bahwa program TMMD manfaat bagi masyarakat.

“Ini yang menjadi faktor utama yang bermanfaaat bagi masyarakat, saya melihat jalan itu bisa menghubungkan antara desa Dawuhan dan desa Binangun sehingga nantinya bisa menjadi suatu potensi ekonomi ataupun peningkatan ekonomi bagi masyarakat sesuai dengan sasaran TMMD untuk mengatasi kesulitan rakyat” kata Dandim.

Dandim menambahkan bahwa TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2021 berhasil membangun jalan rabat beton panjang 1756 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 cm, kemudian pembangunan talud panjang 20 meter, lebar 30 centi meter, tinggi 1,5 meter, pembangunan jembatan panjang 10 meter, lebar 4 meter, tinggi 5 meter dan pembangunan rumah tidak layak huni 4 unit, kemudian ada kegiatan non fisik yang bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk instansi-instansi terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Banyumas Ir. H. Achmad Husein mengaku bangga program TMMD Kodim 0701/Banyumas yang selalu memberi manfaat sangat banyak bagi masyarakat ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Sementara itu Kepala Desa Dawuhan dan desa Binangun mengatakan salah satu hasil fenomenal TMMD adalah pembangunan jalan yang menghubungkan dua desa di kecamatan Banyumas dan pembangunan jembatan, jadi jalan tersebut sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat guna meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Alhamdulillah warga bersama TNI dan instansi lainnya begitu giat gotong royong dalam pembangunan jalan. Dalam target 1 bulan bisa selesai dengan keterlibatan semua element yang ada. Pembangunan fisik lainnya berupa pembangunan talut, pembangunan jembatan dan pembangunan RTLH, sudah selesai semua,” pungkasnya. (AuL).

Komentar

News Feed