oleh

Forkopincam Jeruklegi Laksanakan Kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral UPT Puskesmas Jeruklegi I 

Asiatimesnews.com Cilacap – Forkopincam Jeruklegi melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral UPT Puskesmas Jeruklegi I yang digelar di Pendopo Kecamatan Jeruklegi dan dihadiri sekitar kurang lebih 25 orang, Jumat (5)11/21).

Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos. MM., Danramil 02/Jeruklegi yang dalam hal ini diwakili Pelda Sukarso, Kapolsek Jeruklegi AKP Sulimin, SH., Kepala UPTD Puskesmas Jeruklegi I Dr Pratiti Wiji Lestari, Serta para Kepala Desa dan FKD dalam wilayah kerja Puskesmas Jeruklegi I.

Dalam sambutannya, Camat Jeruklegi selain mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir, juga mengharapkan agar dalam program Germas dan PHBS agar semakin ditingkatkan. Karena di wilayah Kabupaten Cilacap baru 7 kecamatan yang bebas ODF, harapannya agar untuk Kecamatan Jeruklegi juga bisa bebas ODF juga.

“Di wilayah Kecamatan Jeruklegi, baru 3 desa yang sudah bebas ODF yaitu Desa Tritih Wetan, Sumingkir dan Desa Mandala. Desa yang lain mohon bisa melaksanakan upaya agar bisa menjadi desa bebas ODF,” kata Camat Rosikin.

Menurut Rosikin, untuk menjadi desa bebas ODF sebenarnya tidak terlalu susah, desa bisa membuat program Jambanisasi, bisa juga dengan komitmen lingkungan, warga yang belum memiliki tempat buang air besar layak dan sehat agar numpang buang besar di tempat saudara atau tetangga yang lebih layak. Selain bebas ODF, Camat Jeruklegi juga meminta agar dalam penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa/ODGJ agar terpadu dan melibatkan semua pihak.

“Penanganan ODGJ agar terpadu dan melibatkan semua pihak mulai dari keluarga, lingkungan, Pemerintah Desa, Kecamatan, Puskesmas dan dibantu Babinsa / Bhabinkamtibmas desa,” Pintanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena program Vaksinasi Covid-19 berjalan lancar dan sukses, sehingga Kabupaten Cilacap sudah masuk PPKM level II, namun demikian pihaknya juga menekankan agar kegiatan masyarakat tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Lokakarya Mini Lintas Sektoral UPT Puskesmas Jeruklegi I dengan Narasumber langsung dari Kepala UPTD Puskesmas Jeruklegi I dr. Pratiti Wiji Lestari, dengan penjelasan tentang tujuan Lokakarya Mini yaitu menginformasikan pencapaian hasil kegiatan Puskesmas I, membahas masalah dan hambatan program kegiatan Puskesmas serta menyusun rencana tindak lanjut.

(Urip/02)

Komentar

News Feed