Puncak Darajat Garut Longsor

GARUT (ATNews) – Akses menuju wisata Darajat Pass lumpuh akibat longsor, pada titik Blok Cikupakan, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Fasilitas wisata menuju puncak untuk sementara ditutup untuk umum.

Head of Policy, Government, & Public Affairs Star Energy Geothermal Darajat, Nungki Nursasongko ketika diminta tanggapannya mengatakan, jalan penghubung ke puncak darajat menuju kawah untuk sementara ditutup.

Namun, akses jalan itu merupakan operasional pembangkit listrik Star Energy dan bukan untuk masyarakat. ” Kami akan lakukan penjagaan exstra demi keamanan” kata Nungki.

Sebagai mana diketahui Darajat Pass merupakan obyek wisata terbaik di wilayah Kabupaten Garut. Selain udara segar, kita bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam renang dengan air panas bumi.

Gambar tangkap layar

Tingkat kerawanan dimusim hujan akses jalan yang mudah longsor menjadi kendala baik untuk pengunjung dan perusahaan Geotermal.

“Longsor yang terjadi di kawasan Darajat tidak ada korban jiwa termasuk tidak ada kerusakan fasilitas umum. Kami pastikan juga tidak ada kerusakan terutama fasilitas pembangkitan listrik yang dapat mengakibatkan kebocoran uap dan Star Energy memastikan bencana tanah longsor tidak menganggu operasional pembangkitan listrik terutama unit 1, 2 dan 3 milik Star Energy Darajat,” kata Nungki, Sabtu, 20 November 2021.

Ia mengatakan, tidak ada fasilitas umum dan jalan yang rusak akibat longsor. Pasalnya, lokasi longsoran diperuntukan untuk jalan opersional pembangkit listrik Star Energy dan bukan untuk masyarakat. Kejadian yang terjadi tersebut, sudah langsung berkoordinasi dengan BPBD setempat dan pemerintahan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan BPBD dan pemerintahan terkait bencana yang terjadi di Puncak Darajat. Namun, musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa termasuknya fasilitas pembangkit listrik juga tidak terjadi memgalami kerusakan di unit 1, 2 dan 3 milik Star Energy,” ujarnya.

Sebelumnya, Camat Pasirwangi, Saepul Hidayat mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak siang hari telah menyebabkan jalan penghung antara Puncak darajat menuju kawah terputus dan longsor itu menyebabkan perbatasan Desa Karyamekar dan Desa Sarimukti tidak bisa dilalui semua kendaraan.

Namun, sekarang ini ada beberapa pegawai yang terjebak terputusnya jalan yang biasa dilalui oleh petani dan pekerja proyek PT. Star Energy.

“Untuk di atas masih adanya pegawai yang melakukan proyek mungkin kesulitan untuk turun dan alat berat tidak bisa turun ke bawah karena terputus. Akan tetapi, di daerah Desa Karyamekar dan Desa Padaawas, Kecamatan Pasirwangi juga terjadi longsor termasuknya debit air yang tinggi dan bencana tersebut juga terjadi pukul 11.45 WIB,” paparnya (sumber media)

 

Related Posts

Comment