Kasdim Cilacap Pimpin Pemakaman Militer Almarhum Peltu Sutardi

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Drs Abdul Asis Lallo  memimpin prosesi persemayaman dan pemakaman almarhum Peltu Sutardi, anggota Koramil 03 Kroya. Prosesi persemayaman jenazah dilakukan di rumah duka yang beralamat di Dusun Sidamulya RT. 01/RW.12 Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Selasa (28/12).

Diketahui, Peltu Sutardi meninggal dunia pada  Senin, tanggal 27 Desember 2021 pukul 20.00 WIB di Desa Sidayu Binangun Cilacap karena sakit. Almarhum merupakan abituren Secaba Milsuk (Militer Sukarela) angkatan tahun 1993, Nomor Registrasi Pusat (NRP) 21930035511071 dengan pangkat terakhir Peltu.

Beberapa tanda jasa yang dimilikinya antaralain, Satya Lencana (SL) 8 Tahun, SL 16 Tahun, SL 24 Tahun dan SL Eka Paksi Nararya.Kepergian almarhum meninggalkan satu orang istri dan dua orang putri.

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa, Darma Bakti dan pengabdian Almarhum Peltu Sutardi kepada Bangsa dan Negara semasa hidupnya maka almarhum dimakamkan secara militer. Sesuai permintaan pihak keluarga, upacara pemakaman militer dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Sikanco.

Bertindak selaku Inspektur Upacara ( Irup ) Kasdim 0703 Cilacap Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo, Komandan Upacara (Dan up) Kapten Cba M.Isa Saefudin yang sehari hari menjabat sebagai Danramil 05/Nusawungu dan Perwira Upacara (Pa Up)  Lettu Jurizal pejabat Danramil 06/Kesugihan.

Adapun peserta Upacara adalah pasukan gabungan dari Perwira TNI Polri Cilacap, anggota Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap dan Polres Cilacap.

Dalam amanatnya Dandim 0703/Cilacap yang dibacakan oleh Kepala Staf Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo mengatakan Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa,darma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya

“Hadirin yang saya hormati, kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan yang sangat mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan, namun sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan kita harus dapat menerima secara ikhlas, karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendakNya,” katanya.

Lebih lanjut, “Oleh karena itu pada kesempatan ini saya selaku inspektur upacara dan selaku pribadi menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya almarhum, seraya memanjatkan doa semoga segala kesalahan dan kekhilafan serta dosa almarhum dapat diampuni dan amal baktinya di terima di sisi Tuhan maha esa serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan bimbingan serta perlindungan,” tutupnya.

Hadir dalam prosesi Pemakaman tersebut antara lain, Kasdim 0703/Cilacap Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo beserta Perwira Staf, para Danramil Kodim 0703/Cilacap, Kapolsek Nusawungu AKP Rakhmat, Kapolsek Kroya AKP Muhammad Salman Farizi, SIK, Camat Kroya Budi Narimo, S. Sos. M.Si, Kapolsek Adipala, Kapolsek Binangun, Para Kades se Kecamatan Kroya, ibu ibu Persit dan warga setempat. Oke

Related Posts

Comment