Babinsa Koramil Kawunganten Latih PBB dan Disiplin Siswa Kelas XI SMAN 1 Bantarsari

Asiatimesnews.com Cilacap – Babinsa Koramil 09/ Kawunganten Serka Sodirin dan Kopda Tri Wahyono melaksanakan kegiatan Latihan Baris Berbaris dan Kedisiplinan dalam rangka pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara Gudep SMA Negeri 1 Bantarsari bertempat di SMA Negeri 1 Bantarsari, Jln. KH. Syarbini Hasan Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari, Rabu (29/12/21).

Kegiatan diikuti oleh kelas XI dengn jumlah siswa sebanyak 167 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai sejak Senin hingga Rabu tanggal 29 Desember 2021. Selain Baris Berbaris dan kedisiplinan, siswa juga menerima materi penegakan Bantara dari pembina Pramuka SMAN 1 Bantarsari.

Babinsa Serka Sodirin menjelaskan, Latihan Baris Berbaris merupakan suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu. 

“Tujuan dari pelatihan PBB adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab,” Jelasnya. 

Sedangkan disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keikhlasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri,” Tambah Babinsa dari Koramil 09 Kawunganten ini.

Dalam kegiatan tersebut, Serka Sodirin memberikan teori dan juga praktek PBB. Dalam latihan baris berbaris terlihat seluruh siswa kompak dan konsentrasi dan hal tersebut menandakan materi baris berbaris dapat diserap dengan cepat. Selain itu, hal ini juga mencerminkan bahwa mereka terbiasa dengan disiplin yang tinggi.

(Urip/09)

Related Posts

Comment