Jelaskan Tupoksi, Pelda Amin Tohari, Latih PBB Linmas Desa Sidamulya

Asiatimesnews.com Cilacap – Pelda Amin Tohari, Babinsa Koramil 11/Sidareja melaksanakan pembinaan kepada anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) Desa Sidamulya Kecamatan Sidareja. Kegiatan tersebut dilaksanakannya di halaman Balai Desa setempat, Kamis (6/1/22).

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kasi Trantibum Kecamatan Sidareja Nanang T., S.Sos., Kades Sidamulya Takim,  beserta para perangkatnya, Aiptu Siswanto dari Polsek Sidareja. 

Dihadapan seluruh anggota Linmas Desa Sidamulya, Pelda Amin Tohari, menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab Linmas di desa. Selaku warga masyarakat dan juga Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas), peran linmas sangat dibutuhkan dalam kegiatan penanganan bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Secara garis besar tupoksi Linmas itu ada lima yaitu membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, dan membantu upaya pertahanan Negara,” Jelasnya.

Linmas mempunyai peranan penting membantu pemerintah desa dalam upaya pencegahan, pengamanan, pertolongan dalam kebencanaan termasuk upaya pencegahan dini virus Covid-19 yang bisa mengganggu keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat desa pada saat ini,” Tandasnya 

Selain menjelaskan tentang tupoksi Linmas, Pelda Tohari juga memberikan materi Peraturan Baris Berbaris guna menambah ketangkasan seluruh anggota Linmas Desa Sidamulya. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Linmas, siap dalam melaksanakan tugasnya di masyarakat.

(Urip/11)

Related Posts

Comment