Babinsa Bersama Warga Desa Karangreja Kerja Bakti Angkat Longsoran Tanah Dari Sungai

Asiatimesnews.com Cilacap – Bencana Alam tanah longsor kembali menimpa wilayah Kabupaten Cilacap. Kali ini terjadi di wilayah Kecamatan Cipari tepatnya di RT 02/08, Dusun Cikantot Timur, Desa Karangreja, Rabu (12/1/22) sekitar pukul 17.00 WIB yang mengakibatkan tanah longsor dan menutupi Sungai Jalan Depok.

Normalisasi badan sungai agar air kembali normal, Kamis (13/1/22), Babinsa Koramil 11 Sidareja, Koptu Sutriyono bersama warga Desa Karangreja melaksanakan kegiatan kerja bakti dengan memotong pepohonan yang roboh, mengangkat tanah yang menutupi sungai dan membuat tanggul sementara dengan bambu.

Koptu Sutriyono menjelaskan, kegiatan kerja bakti ini melibatkan perangkat desa setempat. Hal tersebut guna memotori warganya agar terlibat dalam penanganan bencana alam yang menimpa desanya. 

“Hadir Kepala Dusun Cikantot Timur Sakiman dan Ketua RT 02 Kristianto. Mereka kita libatkan agar warganya semangat dan ikut serta dalam penanganan bencana alam yang ada di wilayahnya. Ini harapannya selain juga agar kegiatan kerja bakti ini cepat selesai,” Jelas Babinsa Karangreja. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, bencana alam tanah longsor ini terjadi akibat dari intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga tebing di atas sungai, longsor dan menutupi badan sungai. “Kita angkat tanah longsoran ini agar air sungai kembali lancar,” Pungkasnya.

Sementara itu, Kadus Cikantot Timur Sakiman, menyatakan kesiapan warganya dalam kegiatan kerja bakti ini. Dia bersama warganya telah mempersiapkan alat guna membersihkan longsoran tanah dari dalam sungai serta memangkas pepohonan yang ikut tumbang.

“Ini sudah menjadi kewajiban kami terhadap musibah yang menimpa desa kami. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang selalu memotori kami sehingga kejadian apapun yang ada di desa kami, bisa dengan cepat terselesaikan,” Ungkap Sakiman.

(Urip/11)

Related Posts

Comment